top of page

Apa Itu SLA dan Apa Fungsinya untuk Logistik?


Dalam dunia logistik, Service Level Agreement (SLA) adalah kontrak antara pihak yang memasok layanan logistik dengan pihak yang menggunakan layanan tersebut. SLA menentukan persyaratan untuk tingkat layanan dan kinerja yang diharapkan dari pihak yang memasok layanan, serta memberikan jaminan bahwa pihak yang memasok layanan akan memenuhi persyaratan tersebut.

Fungsi SLA dalam Logistik

SLA sangat penting dalam logistik karena mengatur hubungan antara pihak yang memasok layanan dengan pihak yang menggunakan layanan. SLA membantu menghindari ketidakpastian dan meningkatkan kinerja logistik dengan memberikan panduan yang jelas tentang apa yang diharapkan dari pihak yang memasok layanan.

Beberapa fungsi SLA dalam logistik antara lain:


Meningkatkan Kualitas Layanan

SLA memungkinkan perusahaan logistik dan pelanggan untuk memahami dan menetapkan standar kualitas layanan yang diharapkan. Dengan menetapkan persyaratan dan standar yang jelas, pihak yang memasok layanan dapat mengukur kinerjanya dan memperbaiki proses jika diperlukan untuk memenuhi persyaratan tersebut.


Mengoptimalkan Waktu Pelayanan

Dalam logistik, waktu adalah faktor kunci dalam memberikan layanan yang efektif. SLA dapat membantu pihak yang memasok layanan untuk mengoptimalkan waktu pelayanan dengan menetapkan target waktu untuk setiap tahap pengiriman. Hal ini akan memungkinkan perusahaan logistik untuk mengoptimalkan rute dan memastikan barang sampai pada waktunya.


Menetapkan Biaya

SLA juga dapat membantu dalam menetapkan biaya layanan logistik dengan memberikan panduan tentang biaya yang harus ditanggung oleh pelanggan. Ini akan membantu menghindari ketidakpastian dan memungkinkan pelanggan untuk mengatur anggarannya dengan lebih baik.


Menjaga Hubungan Pelanggan

Dengan menetapkan persyaratan yang jelas dan memberikan layanan yang tepat waktu dan berkualitas, SLA dapat membantu mempertahankan hubungan yang baik antara perusahaan logistik dan pelanggan. Hal ini penting untuk menjaga kepercayaan pelanggan dan memastikan bahwa mereka tetap menggunakan layanan logistik perusahaan tersebut.

Dalam rangka mengoptimalkan pengaturan dan pengelolaan logistik, banyak perusahaan logistik menggunakan aplikasi logistik yang telah terintegrasi dengan fitur SLA dan sistem manajemen transportasi (TMS), seperti aplikasi Trip.id. Aplikasi ini dapat membantu perusahaan logistik dalam mengelola pengiriman barang dan mengoptimalkan rute untuk memenuhi persyaratan SLA dengan lebih efisien.

Kommentare


bottom of page